Pankyoe’s Weblog

August 5, 2010

mAnuSIa, kUnAng-KunanG dan NYaMUk

Filed under: Uncategorized — aku @ 10:51 am

dari judulnya aneh kan?
tp tau ga klo manusia, kunang-kunang dan nyamuk tu punya persamaan..
penjelasan yang simpel tuk mengetahui apa bener tou ga nya.
bukan dilihat dari struktur DNA atau faktor keturunan yang sama..lagian mana ada sih manusia yang mau dikatain keturunan nyamuk..

sebenernya masih banyak binantang yang sama dengan manusia. tapi tuk kali ini, kita ambil contoh binatang yang imut-imut dulu..soalnya, walaupun imut, mereka jadi trendsetter wanita-wanita jaman sekarang.

jaman gini, manusia jarang ada yang nyadar, klo sebenernya mereka punya kewajiban yang berbeda-beda dan punya tanggungjawab yang beda-beda juga. dulu, terlihat jelas tanggungjawab dipegang oleh para lelaki, yang punya ketegasan.

itulah kenapa judul di atas perlu dibahas. tau ga kalo kunang-kunang dan nyamuk tu yang dominan bekerja adalah para betinanya. dari keluarga nyamuk, yang rajin nyedot darah tu betina.. jadi klo da nyamuk yang gigit kamu, dia adalah nyamuk betina.. karna para jantan sebenernya pemalas.

dan dari keluarga kunang-kunang, para betina juga aktif kelayapan malam..yg jantan diem di sawah nunggu makanan, atau nunggu saatnya musim kawin..

hehe..manusia jaman sekarang juga yang lebih aktif perempuannya, tapi sayangnya mereka ga tau apa yang harusnya mereka lakuin.

mereka cuma nganggap kerjaan mereka bikin mereka bahagia, punya duit tuk beli baju, sepatu, tas baru, kosmetik(pemutih wajah >> yg sebenernya ga usah..cz, tarnya jdi aneh, mukanya doang yg putih..hihi..kaya topeng), dan pria baru…yang di rumah udah ga menarik..atau bahkan cuma sebagai hiasan.

ternyata para pria juga sebenernya memanfaatkan para wanita untuk lebih giat bekerja, sedangkan pria tinggal nunggu hasilnya di rumah.. Asik bukan…

January 22, 2010

ZEE, Indonesia dan ‘Bung Karno’

Filed under: Uncategorized — aku @ 5:09 am

“Aku ingin agar Indonesia dikenal orang. Aku ingin memperlihatkan kepada dunia, bagaimana rupa orang Indonesia. Aku ingin menjampaikan kepada dunia, bahwa kami bukan “Bangsa jang pandir” seperti orang Belanda berulang-ulang kali mengatakan kepada kami. Bahwa kami bukan lagi “Inlander goblok hanja baik untuk diludahi” seperti Belanda mengatakan kepada kami berkali-kali. Bahwa kami bukanlah lagi penduduk kelas kambing jang berdjulan menjuruk-njuruk dengan memakai sarung dan ikat-kepala, merangkak-rangkak seperti jang dikehendaki oleh madjikan-madjikan kolonial dimasa jang silam. Setelah Republik Rakjat Tiongkok, India, Uni Soviet, dan Amerika Serikat, maka kami adalah bangsa jang kelima didunia dalam hal djumlah penduduk. 3000 dari pulau-pulau kami dapat didiami. Tapi tahukah Saudara berapa banjak rakjat jang tidak mengetahui tentang Indonesia ? Atau dimana letaknja ? Atau tentang warna kulitnja, apakah kami sawomatang, hitam, kuning atau putih ? Jang mereka ketahui hanja nama Sukarno. Dan mereka mengenal wadjah Sukarno.Mereka tidak tahu, bahwa negeri kami adalah rangkaian pulau jang terbesar didunia. Bahwa negeri kami terhampar sepandjang 5.000 kilometer atau menutupi seluruh negeri-negeri Eropa sedjak dari pantai Barat benuanja sampai keperbatasan paling udjung disebelah Timur.Mereka tidak tahu, bahwa kami sesudah Australia adalah negara keenam terbesar, dengan luas tanah sebesar dua djuta mil persegi. Mereka umumnja tidak menjadari, bahwa kami terletak antara dua benua, benua Asia dan Australia, dan dua buah Samudra raksasa, Lautan Teduh dan Samudra Indonesia”(kutipan: Osa Kurniawan Ilham )

Kalau baca kutipan di atas, qta seharusnya bangga dengan Indonesia sebagai pelopor ZEE yang dikenal sebagai ukuran luas wilayah laut Indonesia. Indonesia mengusulkan adanya ZEE (Zona Ekonomi Ekslusif) sampai maksimal sejauh 200 mil dari pulau terluar untuk memungkin negara kepulauan mengambil keuntungan ekonomis dari wilayah tersebut.

Ir. Djuanda Kartawidjaja mengeluarkan deklarasi yang kemudian dikenal sebagai Deklarasi Djuanda inilah yang qta kenal sebagai deklarasi yang membuat Indonesia mempunyai batas wilayah yang dapat melestarikan kekayaan bangsa.

Dulu, dunia internasional hanya mengakui Indonesia sebagai negara daratan di mana batas wilayah laut yang diakui hanyalah sebatas 3 mil dari garis pantai. Tidak banyak orang yang tahu di mana letak Indonesia. Itulah sebabnya Bung Karno memperkuat Angkatan Udara dan Angkatan Laut sampai disegani oleh kawasan Asia Pasifik sebagai konsekuensi atas mekarnya wilayah laut dan udara Indonesia karena Deklarasi Juanda tersebut.

October 16, 2009

fAkTa diBalik SeraBI…..

Filed under: Uncategorized — aku @ 6:06 am

Bahan-bahan Serabi bisa di lihat di resep-resep makanan yang anda tau..Betul??

Tapi, untuk yang satu ini…pasti masih belum banyak orang yang tau.serabi

mungkin berbagai anggapan menyimpulkan, bahwa makanan yang enak pasti dapat di beli atau di temukan di resto2 yang punya nama terkenal.

begitu juga dengan serabi.. makanan yang satu ini, tidak sedikit yang menggemarinya. banyak sering ditemui orang-orang jauh mampir ke berbagai daerah untuk hanya  menikmati 1(satu) saja serabi yang enak dari resto terkenal..

tapi banyak juga orang yang setelah menikmatinya, bukannya puas dengan apa yang dihidangkan, malah komplain berbagai macam. alasannya, bahan yang dibuat tidak asli seperti membuat serabi dulu.. rasanya hambar, saus yang di tuang terlalu banyak pemanis buatan.

coba deh macam-macam rasa yang ditawarkan, strawberry, mangga, coklat, pisang, duren.. semua rasa hampir tersedia. ini yang namanya kemajuan Zaman. Tapi, ini juga yang membahayakan. warna dan rasa yang dicampurkan bukan yang seharusnya diberikan.

sekarang, coba rasain deh, bikinan ’ema-’ema(ibu-ibu tua:Sunda)

rasanya beda jauh.. kelapa yang dipake tuk bikin serabi lebih asli.. lebih pulen.. saus yang di tuang juga dari gula aren asli.. klo ada yang mau pake sambel oncom.. lebih enak, oncomnya itu kerasa banget, ga ada tu yang mentingin gengsi.. enak, sehat, dan caranya membakarpun memakai alat tradisional. Yang pasti, moment ini dah jadi langka..

Nah… Dari situ bisa ngebandingin deh.. yang biasanya di beli di ’ema-’ema.. ma beli di warung super terkenal..

September 28, 2009

LeBarAn 2K9

Filed under: Uncategorized — aku @ 10:27 am

2 kali lebaran.. 2 kali puasa.. hehe.. nyanyi dangdut dah..ketupat

iya nich, dah 2 kali lebaran.. cape banget. sibuk ma counter.

beneran, warga bandung banyak banget. coba aja perhatiin waktu lebaran kemaren.. dimana-mana yang namanya pusat perdagangan dan rekreasi penuh…..

mpe pegel-pegel plus rontok badan Q..

tapi lumayan..hehe..THR jadi double..:)

beuh…

saking sibuknya.. ma banyaknya yang datang dengan perut laper..

selalu ada pelanggan yang terlewat pas mereka dah pesen makanan. marah-marah, maki-maki..pke anceman mo di laporin lah….mpe nyumpahin kita juga adahahaha…seru..

awalnya Qta juga agak emosi..tapi klo udahnya, Qta ketawa-ketawa nginget-nginget kejadian itu..hahaha..

PembelI AdaLaH RajA….

ntu yang mereka tuntut dari Qta..

mereka juga ga salah sih marah-marah.. toh klo di inget-inget, Qta juga pernah ngelakuin hal yang sama ma penjual. apalagi klo kembalian Qta kurang.. aduhhhh..mpe mata Qta mo kluar melotot-melotot..hahaha..jadi malu..

April 1, 2008

apa sih yang bikin kamu bahagia??

Filed under: Uncategorized — aku @ 7:13 am

Mmnn…. bahagia merupakan sesuatu yang simple yang orang lain jg kadang ikut merasakan..! kebanyakan… kebahagiaan datang disaat Qta deket dengan seseorang yang Qta sayang.. Qta bahagia saat dia tersenyum, saat dia datang dengan alasan ‘sepi klo ga ada kamu‘… seneng…. bgt..!
trus bahagia klo dia bahagia.. pokonya semua yang berhubungan dengan orang yang Qta sayang, Qta pasti akan selalu bahagia… itu dah pasti banyak orang yang ngalamin.
ada yang bilang juga, yang bisa bikin bahagia adalah mimpi, mimpi gimana sih yang bisa bikin orang bahagia? semua mimpi bisa bikin Qta bahagia, apa lagi klo mimpi itu bisa jadi nyata. mimpi layaknya angan, ga penting angan Qta itu bisa tercapai nantinya, yang penting Qta pernah bermimpi. mimpi ga pernah minta Qta dengan paksa untuk capai semuanya, mimpi hanya angan yang mudah dilupakan.. tp mimpi membuat hidup Qta lebih semangat..dan pastinya bahagia..

March 11, 2008

tAndA – TaNda Jatuh cInTa…

Filed under: Uncategorized — aku @ 4:43 am

Klo mo tau… orang jatuh cinta itu ampir semua orang sama.. Misalkan ja, dia tu suka senyum – senyum sendiri….. bener kan?

ya klo ga juga dia pasti ngedadak aneh…. pengennya pasti curhat…. trus, ga salah lagi, yang diomongin pasti orang itu lagi…itu lagi.. tapi anehnya ga bosen ya ngomonginnya..^-^.

eh, jangan salah jatuh cinta bisa bikin qta kreatif juga.. yang biasanya garing… bisa nambah garing.. sok puitis lah… ngarang bebas tentang alam yang ada kaitannya dengan si Dia… kadang bener – bener ga nyambung.. tapi tetep ja menurut dia bagus.. mang aneh..

oya, jatuh cinta bisa bikin qta ga bisa tidur.. qta di bikin pusing ma dia..

kadang, ada orang yang jatuh cinta bawaannya jadi rajin ibadah…. wah itu tu yang bagusnya dari jatuh cinta.. walaupun pasti berdoanya ” ya Tuhan, jadikanlah dia miliku, buat dia jatuh cinta padaku….bla..bla..bla..” pokoknya all about dia . doa yang laen? ngedadak lupa tuh…. ah, mang aneh jatuh cinta.

pernah nemuin orang yang seperti ini? dia tu lagi acak – acakan penampilannya, ga lamaan, ada “uhu ” datang dan nyapa dia, dia langsung berdiri, salting.. rapiin rambutlah, bajunya d tarik – tarik, langsung bilang ma temen sebelahnya, “gw dah rapi kan?” aduh… cape bgt ya yg jatuh cinta..

wah ini ni yang kadang ribet.. tuk dirinya sendiri atau pun buat orang laen. NARZIISZSZ BO…. wah.. dimana ada kaca, dia lirik, dimana ada kamera, dia sempetin tuk foto – foto.. penampilan kudu tetep oke.. segala benda – benda mistik yang disimpen di rumah, sekarang dibawa semua, gelang, kalung, anting… aduh… risih ga sih??? yang liatnya juga klo ga ngerti sih, pasti bertanya – tanya donk..”napa tu orang..?” ^o^.

yang membangun tu yang gini… qta jadi tambah semangat.. semangat kerja, semangat mandi…(yang biasanya ga mandi ni…), semangat makan, semangat dandan, semangat nganterin c “uhu”. semangat bangun pagi, semangat gosok gigi klee yaa… mang bener – bener nich c jatuh cinta bikin hidup berubah 180 derajat

tapi ati – ati loh ma orang yang sedang jatuh cinta.. dia bisa posesif abis.. apa lagi klo masalahnya itu sensitif…. huuuh cinta..cinta…. pusing…..

March 9, 2008

TraDisi CiUman MasaL >> mEd-MedAn

Filed under: Uncategorized — aku @ 6:01 am

Bermula dari sejarah sebuah desa di Pulau Bali.. Dimana tradisi ini awalnya hanya saling peluk antara muda – mudi di Banjar Kaja Sesetan. Pada saat itu Raja yang memerintah sedang sakit.. Akibat melihat adegan itu, raja langsung sembuh.. dan tradisi itu wajib diadakan.. pernah tradisi ini ditiadakan, dan warganya sakit – sakit. Seiring perkembangan Zaman dan lebih beraninya warga.. tradisi ini ga hanya saling pelukan.. tapi mulai cium pipi.. nah mpe sakarang tradisi ini dilakukan dengan cium bibir. Tradisi ini hanya dilakukan oleh warga asli Banjar Kaja, para muda mudi ini harus berumur 16 tahun ke atas.. rata – rata muda – mudi ini adalah anggota Tarka. Konon, tradisi ini juga menjadi ajang mencari jodoh.. tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan jodoh dari tradisi ini. Sehari setelah hari raya nyepi, biasanya tradisi ini diselenggarakan. Biasanya muda – mudi ini sembahyang dulu sebelum menyelenggarakannya, setelah itu mereka mendaftarkan diri untuk dipasangkan. membentuk dua buah barisan yang terpisah antara laki – laki dan perempuan yang saling berhadapan. masing – masing barisan pertama didorong oleh baris kedua hingga mereka bertemu dan mereka saling berciuman. penonton yang melihat bersiap untuk menyiram mereka ketika mereka saling berciuman.. setelah disiram para peserta diharuskan melepaskan ciuman mereka dan disusul dengan barisan berikutnya.. hingga seluruh peserta habis……

March 3, 2008

RasA cInta tImbUL KarNa Biasa

Filed under: Uncategorized — aku @ 6:04 am

Dah sering banget qta denger kata2 itu.. itu dah jadi fakta orang2 yang jatuh cinta. Bukan karna cantik atau cakepnya dia. Tapi karna nyamannya dia ada di hidup qta.. Semua hanya bermula pada saat berkenalan, ga ada yang spesial dari moment itu.. sejalannya waktu, ada perasaan yang memungkinkan qta tuk lebih perhatian ma dia, tanpa disadari semua waktu ternyata lebih banyak untuk dia.. dia yang selalu nemenin idup qta.. dia ngertiin qta..cerita ma dia itu enak.. ga ada yang perlu ditutup – tutupin, semuanya dia tau.. coba deh itung…, berapa kali qta nangis di depannya, berapa kali qta minta dia jemput secara paksa waktu dia sedang malas – malasan, itung jg berapa uang yang dia keluarin waktu qta lagi butuh dan lagi boke… ternyata sering banget ya .. nah mungkin karna keseringan itulah qta ngerasa biasa.. qta ngerasa nyaman banget deket dia, ngerasa dia adalah orang yang bakalan selalu ada, kapanpun dan dimanapun… kmu ngerasa ga, klo ada perasaan yang beda waktu deket dia.. perasaan yang ga tau untuk apa sebenernya.. apa perasaan ini harus di ungkapin gitu aja, atau hanya dipendem dalem – dalem.……..??

February 20, 2008

Danau Purba Bandung

Filed under: Uncategorized — Tags: — aku @ 3:00 am

Asal mula Bandung tu katanya konon… adalah sebuah danau, yang di lalui patahan dan sungai bawah tanah… klo mpe patahan itu bergeser, bandung bisa jd danau purba lagi… Kebayang donk, Bandung tu daratan yang di kelilingi dataran tinggi.. nampak sebuah danau kan? Nah patahannya itu terbentang dari Gunung Tangkuban Perahu mpe Majalaya, trus sungai yang mengalir tu adanya di bawah daratan Bandung, yang dinamai Sangiangtikoro.. Klo di liat dari peta.. daerah-daerah itu merupakan ujung2nya Bandung… klo mpe Bandung gempa dengan kekuatan yang lumayan keras, bisa ambruk loh…….. Di bawah Bandung tu kan sungai ya pasti Bandung tenggelam… Jangankan gempa, pemanasan global jg bisa nimbulin bencana yang sama loh..!!

Ngomong-ngomong Sangiangtikoro, ternyata itu merupakan jalur yang dilalui air danau yang sekarang jadi Bandung, jalurnya ada di bawah daratan Bandung. Dulu, Bandung itu danau yang dalamnya mencapai 30 meter, dan airnya itu kemudian mengalir melalui sungai bawah tanah yang namanya Sangiangtikoro.

February 19, 2008

Globalwarming..Bandung jadi Aneh….

Filed under: Uncategorized — Tags: — aku @ 5:29 am

Ya ampun…pagi2 dah ujan…DinGIn BGT….

Sebentar dingin sebentar panas.. Aga aneh dengan cuaca Bandung sekarang..!!

Pemanasan global salah satu penyebab cuaca jadi aneh, rasain deh… kadang cuacanya dingin..bgt.. tp dah gtu matahari terang..bgt… pagi2 dah ujan, mendungnya mpe malem.. besok paginya ujan gede.. trus siangan dikit matahari terang mpe males keluar saking panasnya. wah… pemanasan global parah ya.. Katanya, akibat GLOBAL WARMING ini suhu di kutub selatan dah nyampe 2 derajat celcius.. predator2 yang ada di lautan pasifik juga dah mulai pindah, mereka kepanasan… karna suhu air lautnya meningkat. Mereka katanya sih ngungsi ke kutub.. trus, hewan2 laut yang senengnya berada di permukaan laut, kaya plankton, algae, ubur2, dll. mereka bisa- bisa mati…!! air lautnya kan jadi panas. Klo dah gada hewan2 itu, trus hewan2 yg senengnya makan mereka, pada kemana coba…?? mereka bisa MATI?!! sapa yang tanggungjawab??? itu laut.. pa lagi didarat.!!

Balik lagi ke bandung, emang sih, bandung sekarang2 tepatnya februari bandung bisa dibilang balik lagi jadi dingin.. kaya jaman dulu sih emang..!! tp kan itu baru sekarang2, kemarin2, panasnya bisa bikin kulit item… udahan februari ini, bandung berubah ga ya?? atau bisa jadi lebih parah.. duh, jangan mpe panas, trus dingin, trus panas lagi…tar Bandung jadi meriang…..

Older Posts »

Blog at WordPress.com.